Tipe Tipe DJ

Diposting oleh ADMIN 17.8.08

Pada saat seorang DJ melakukan aksinya di berbagai tempat, peran serta seorang dj mungkin bervariasi tergantung pada pengaturan atau tujuan musik yang disuguhkannya.

Dalam pengertiannya, aksi memilih dan memainkan rekaman suara untuk pendengar yang menginginkan adalah sama untuk setiap DJ. Tetapi Musik yang dipilihnya, Media yang digunakan, dan tingkatan kesempurnaan dari memanipulasi suara adalah faktor-faktor yang membuat tipe atau jenis DJ yang berbeda-beda.

Dibawah ini adalah daftar-daftar paling pokok dari tipe-tipe DJ yang bisa anda temui saat ini:

Radio DJ

Seorang disc jockey radio adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik yang kemudian disampaikan kepada pendengar melalui gelombang radio. Dalam pekerjaannya seorang radio DJ memilih, memutar requests dan membuka open dialog kepada pendengarnya melalui sms, telephone atau email.

Di Indonesia radio dj ini cukup pesat perkembangannya, hampir disemua kota di Indonesia ada radio djnya dan terus berkembang. Seorang radio DJ biasanya dituntut lebih untuk selalu komunikatif dan up to date dengan berita yang sedang beredar.




Bedroom DJ

Seseorang yang mempunyai peralatan dj (seperti turntables, mixer, CD decks ) dan mempunyai kesabaran untuk musik, namun tidak dimainkan di tengah keramaian publik seperti di club atau acara music show alias sebatas hobi saja. Biasanya bedroom DJ bermain untuk acara-acara private sendiri seperti pada pesta ulang tahun atau party bersekala kecil dan didengar untuk kalangan sendiri atau untuk keluarga dekatnya.



Club DJ

Seorang DJ Club adalah seseorang yang memilih dan memainkan musik dalam sebuah setelan sound system club. DJ tipe Ini yang biasanya kita temui di club-club malam seperti discotheque, bar, cafe atau resto. Seorang Club DJ biasanya adalah sebagai resident atau dj tetap di club tempat dia bermain. Jenis musik untuk kebanyakan club dj ini adalah house, trance, hiphop atau urban music. Saat ini tipe DJ inilah yang paling umum selain radio DJ yang berkembang di Indonesia.



Mobile DJ

Pada awal mulanya seorang Mobile DJ adalah satu perluasan dari Radio DJ. Mereka melaksanakan perjalanan atau meneruskan perjalanan keliling dengan peralatan dj dan sound sistem yg bisa di bawa kemana-mana dan mereka bermain dari satu lokasi berpindah kelokasi lain seperti pesta prom night sekolah atau wedding party.




Turntablist

Pernah melihat seseorang bermain scratch, mengulang-ulang part lagu/looping atau menciptakan musik dengan menggunakan turntablenya? Gokil banget kan??? nah itu namanya Turntablist.

Para turntablist biasanya sangat mahir dalam menggunakan peralatan Turntable sehingga dia dengan keahliannya bisa membangun sebuah show case dengan music atau sample yang di edit-edit secara live. Beberapa orang menyebutkan bahwa seorang turntablist disebut juga sebagai Hiphop DJ itu karena lagu-lagu yg di putarnya kebanyakan bergenre hiphop dan umumnya Turntablist lebih suka mixing lagu beraliran urban seperti hiphop, funk, rnb, soul atau jazz.


OTHER DJ RELATED TIPE

Live PA

Ketika seorang DJ hendak membuat show yang spektakuler, biasanya dia tidak hanya memutar dan melakukan mixing lagu saja. Ada beberapa DJ yang tampil dengan seperangkat peralatan synthetizers, samplers, sequencers, midi controllers, vokalis untuk mengisi vocal atau nyanyi secara live atau musisi tambahan.

Live PA sendiri adalah singkatan dari Live Personal Appearance atau Live Performance Artist. Pada Live PA show yang ditunjukkan mirip seperti Live Band dimana instrument/musik dimainkan secara live tidak pre-recorded. Jenis musik dari Live PA biasanya adalah beraliran elektronika.


Allright, pengertian tentang tipe DJ diatas adalah jenis-jenis dj yang telah berkembang saat ini. Seperti yang sudah saya jelaskan pada awal artikle ini, tipe DJ di kategorikan sesuai tujuan musik oleh masing-masing DJ dan tidak untuk mengkota-kotakan atau memisah-misahkan arti dari DJ itu sendiri. So... don’t get this in the wrong way... Setiap DJ adalah DJ dan mereka tidak memiliki perbedaan apakah seorang DJ adalah mobile dj atau club DJ.

Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat buat kita semua…

Enjoy The Vibe

Tecnica


>> DAFTAR ISI TUTORIAL DJ <<


Mungkin anda tertarik untuk membaca article tentang > "Peralatan DJ" atau "Bagaimana caranya menjadi seorang dj?"

1 Responses to Tipe Tipe DJ

  1. dj damsky Says:
  2. ternyata dj nggak cuma satu jenisnya. masih banyak dj2 yang berasal dari genre berbeda selain dance music. tapi dj tetap dj.. hidup dunia dj indonesia

     

Posting Komentar