Perkenalan Tentang Traktor Scratch

Diposkan oleh ADMIN 27.10.08



Traktor DJ Studio atau dikenal sebagai Traktor Scratch adalah sebuah perangkat lunak (software) yang bisa anda gunakan untuk audio mixing (djing).  Dengan menggunakan Traktor, anda dapat memainkan audio digital seperti wav atau mp3 files langsung dari hardisk komputer anda dan anda dapat melakukan mixing layaknya seorang dj yg menggunakan peralatan dj konvensional (cd decks/turntables & mixer) karena didalam Traktor sudah terdapat fitur yang mampu mengakomodir peralatan dj secara virtual (komputerisasi).

Sebelum saya mulai menjelaskan software Traktor ini lebih jauh lagi, mari sama-sama kita lihat dulu seperti apa tampilannya. Berikut gambar tampilan Traktor Pro dan ini adalah tampilan versi Traktor (1.1):

(klik image untuk memperbesar)

Pada image diatas, dapat dilihat bahwa traktor scratch memiliki dua bagian untuk audio playbacknya (perhatikan bagian atas.) Katakanlah yang paling kiri adalah deck 1 (dalam istilah dj) dan sebelah kanan adalah deck 2 dimana anda dapat memainkan dua lagu secara bersamaan/simultan dan juga, terdapat fitur pitch control untuk mengatur tempo kecepatan lagu pada masing-masing deck seperti layaknya sebuah konvensional dj turntable atau cd decks.

Pada bagian tengah, terdapat in built mixer yg berfungsi layaknya seperti mixer dj biasa dimana terdapat beberapa pengaturan equalizer (treble, mid, bass), volume, crossfader dan lain sebagainya. Lalu, dibagian tengah ke bawah (bottom section) adalah (jendela) browser yang akan menampilkan playlist atau file lagu yang akan anda pilih untuk dimainkan pada masing-masing audio playernya.

Bila anda sebelumnya pernah melihat tampilan pada software serupa seperti virtual dj atau deckadance, pastinya anda akan menemukan sedikit kemiripan dengan tampilan Traktor scratch dimana terdapat dua player pada top section, mixer in the middle and browser on the bottom.


Apa saja fitur yang terdapat dalam traktor?

Traktor memiliki banyak fungsi atau fitur yang bisa anda gunakan untuk menggali dan mengeksplorasi djing lebih jauh dari sebelumnya. Apa saja fiturnya? Berikut penjelasan singkatnya:


< < < FITUR 1 > > >
The 4 Playback Decks. Mungkin tidak semua dj butuh 4 player untuk dimainkan sekaligus, tetapi traktor memberi anda ruang lebih untuk memainkan musik anda dan pada setiap player, terdapat fungsi-fungsi berikut ini:

A. Wave Form Display: Setiap Deck memiliki tampilan wave atau tampilan gelombang audio yang akan berjalan sesuai dengan suara yang dihasilkan. Dengan adanya tampilan ini, anda dapat melihat dimana posisi player sedang memutar lagu anda sehingga anda dapat mengontrol track (lagu) yg sedang anda mainkan.

B. Mixer EQ: Sebuah DJ software tidak akan lengkap bila tidak memiliki fitur EQ dan effects didalamnya. Nah, dalam Traktor, anda dapat menemukan in-built mixer yang memiliki fitur volume, eq (pitch, high, mid high, mid low, dan low), crossfader, master volume, dan headphone switch.



C. Effects: Traktor Scratch versi terbaru memiliki kurang lebih 20 effects yang bisa anda gunakan dalam memanipulasi suara yang keluar lewat mixer. Effects yg sering digunakan oleh dj seperti flanger, Delay, Reverb, ataupun Filter, telah terdapat didalamnya jadi anda akan merasakan sensasi menggunakan Traktor layaknya seperti menggunakan effects dalam mixer dj biasa (djm 800 atau yg lainnya).

D. Looping and beat jumping: Traktor Scratch memiliki fitur looping yang memiliki measures (ukuran) dari (1/8 hingga 32 beat). Ketika anda melakukan looping pada bagian lagu tertentu, anda dapat berpindah dari loop set2, ke 4, lalu ke 8 atau bisa langsung ke 1/4 beat hanya dengan menekan tombol loop yang anda kehendaki. Beat Jumping (melompat dari beat ke beat) juga dapat dilakukan dengan mudah layaknya melakukan looping sehingga anda dapat melewati part-part dalam lagu secara instan.


< < < FITUR 2 > > >


Track Selection and Browser. Traktor memiliki browser yang dikenal sebagai the ultimate browser. Dengan tampilan rapi layaknya browser music player saat ini,  Traktor juga menambahkan fitur-fitur baru didalam browsernya.

Untuk mempermudah DJ menyeleksi lagu-lagu, traktor memiliki fitur-fitur unik. diantaranya adalah anda dapat dengan mudah memberikan tags, komentar, gambar/cover, atau ratings (metadata functions) layaknya seperti pada browsernya itunes. Ini dapat mempermudah dj dalam menyeleksi lagu karena tidak perlu memainkannya terlebih dahulu pada player untuk mendengarnya tapi bisa langsung mengenalnya dengan membaca metadata yang ada pada setiap track. Kelebihan lain pada browser Traktor adalah, bila anda telah membuat metadata (tag/komentar tambahan) pada lagu-lagu anda, anda tidak perlu khawatir kehilangan (tag yang telah anda buat secara manual) bila ingin memindahkan lagu-lagu anda ke komputer lain. Anda dapat langsung mengeksport lagu anda dan pada saat lagu dibaca oleh komputer lain, maka meta data yg telah anda buat pada komputer sebelumnya akan muncul juga.


< < < FITUR 3 > > >



Midi Controll Enable. Traktor Scartch dibuat sedemikan rupa agar mampu menampung semua keinginan DJ untuk menggunakan perangkat apa saja yang ingin ia gunakan. Buat  anda, para DJ yang lebih memilih ngedj menggunakan Midi Controller sebagai peralatan hardware anda, anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan Traktor Scratch sebagai softwarenya; karena Traktor telah terintegrasi dengan berbagai merek Midi Controller yang umum beredar dipasaran saat ini seperti Mixer Allen N Heath 4D atau Vestax VCI, dsb. Traktor juga memberikan fitur mapping untuk anda sehingga anda bisa mengganti/menukarkan mapping di midi controller anda sesuai yang anda inginkan.


< < < FITUR 4 > > >


Digital Vinyl System (DVS). Salah satu alasan mengapa Traktor menjadi raja di kalangan dj software adalah keleluasaan pada penggunaan software ini. Untuk yang suka bermain menggunakan CD Decks Player seperti Pioneer CDJ 100 hingga CDJ 2000 atau Turntables, anda  juga dapat menggunakan Traktor sebagai DVS anda. Native instrument (pengembang software Traktor) kini menghadirkan sebuah paket ekslusif Traktor Scratch Pro dan Traktor Scratch Duo yang terdiri dari soundcard dan time code vinyl / cd agar anda dapat menggunakan Traktor sebagai media DVS (Digital Vinyl System).

*untuk yg masih belum mengerti apa itu DVS, silahkan baca artikel tentang DVS (Digital Vinyl System).

Saya rasa that's all the basic fitures yang bisa ada di Traktor Scratch, sebenarnya sih masih banyak lagi fitur-fitur lain yang bisa anda temukan didalamnya. Dikarenakan ini adalah artikel Perkenalan makanya saya tidak menjelaskan setiap fitur terlalu detail.

Additional Information:
PC REQUIREMENTS SPECS:
Windows xp + service pack 2:
- Pentium / athlon 1.4 ghz,
- 512mb ram
- Usb 2.0 port
Mac:
- Mac osx 10.4.8
- G4 1.4 ghz or intel® core duo family
- 512mb ram
- Usb 2.0 port

PRICE RANGE $:
Harga Traktor Scratch Pro original (hanya software saja) adalah berkisar Rp. 2.000.000.
Tapi bila anda berminat untuk menggunakan Traktor sebagai DVS, Traktor juga memiliki paketan khusus (bundling) yaitu Software Traktor Scratch + Soundcard + Time Code Vinyl + Cd Time Code yang dibandrol di kisaran IDR 6-7jt untuk paket Traktor Scratch Pro dan IDR 4-5jt untuk Traktor Scratch Duo.

Well, saya rasa cukup yah perkenalan kita hari ini tentang Tracktor Scratch. I hope you enjoy reading this article. Hanya satu pesan dari saya, bila anda ingin melanjutkan ke artikel berikutnya, usahakan anda telah membeli dan meginstall Traktor Scratch di dalam PC/MAC anda. Cobalah bermainlah sedikit dengannya agar anda lebih faham lagi dengan software ini.

Enjoy :)

Tecnica

2 Responses to Perkenalan Tentang Traktor Scratch

  1. Nico Says:
  2. Lebih bagus mana sama virtual dj?

     
  3. mBo Says:
  4. lebih bagus traktor dong..
    suaranya lebih bagus..
    timecode lebih akurat..
    built in effect nya lebih bagus..
    soundcardnya bagus..
    de el el..

     

Poskan Komentar